Sunday, September 29, 2013

Makalah Android

Selamat Siang Sobat Bloger dan Sobat Pengujung Blog Saya, Dengan Adanya android Kini semua orang menjadi lebih mudah dan cepat..
kali Ini saya akan Share makalah yang saya buat dengan sumber-sumber yang saya dapatkan dari Forum-forum serta group yang membahas android
okee langsung aja
sekian dan Terima kasih ....
Salam Open Source




Ini adalah Cuplikan 
Latar Belakang
Dengan Seiring perkembangan dunia Teknologi yang semakin pesat setiap detiknya, Dunia gadget yang kini banyak bermunculan Jenis SmartPhone yang memudahkan manusia dengan memanfaatkan smartphone tersebut. Seluruh penjuru dunia kini telah mengenal fungsi smartphone. Smartphone yang sangat banyak diminati oleh User saat ini sebagian besar merupakan pengguna smartphone yang berbasis Android. Android adalah Operating System (OS) atau sistem operasi yang sangat populer akhir-akhir ini. Tidak dapat dipungkiri sistem operasi ini telah banyak mengambil perhatian masyarakat dunia dan masyarakat Indonesia tentunya. Perusahaan gadget dan telepon seluler berlomba-lomba membuat perangkat dengan memakai sistem operasi Android. Oleh karena itu tidak heran kalau hampir setiap hari kita melihat gadget-gadget baru beredar di pasaran yang menggunakan sistem operasi besutan Google ini. Namun tahukah anda sejarah sistem operasi Android itu sendiri? Berikut adalah Sejarah dan Seluk Beluk OS Android.









BAB I
Pembahasan
A.sejarah android
Pada   Juli   2005,   Google   mengakuisisi   Android   Inc.   sebuah   perusahaan   baru  berkembang yang bergerak di bidang aplikasi ponsel. Perusahaan ini berbasis di Palo Alto California Amerika Serikat. Pendiri Android Inc. salah satunya adalah Andy Rubin yang saat ini   menjadi   direktur   Google  Mobile   Platform.   Rumorpun   berkembang   saat   Google mengakuisisi  Android  Inc.   Google   berencana   untuk   masuk  ke   pasar  ponsel   meski   belum diketahui akan seperti apa andil Google di dunia ponsel.
Di Google tim yang dipimpin oleh Andy Rubin mengembangkan platform perangkat bergerak dengan dasar kernel Linux yang dipasarkan kepada produsen handset dan layanan telekomunikasi.   Saat   itu   beredar   kabar   bahwa   Google   telah   memiliki   jajaran   komponen hardware   dan   partner   software   serta   memberi   tanda   kepada   penyedia   layanan telekomunikasi bahwa yang  mereka  tawarkan bersifat terbuka. Spekulasi  sasaran Google untuk ponsel pun semakin berkembang bahwa mereka akan segera mengumumkannya di bulan Desember 2006. Kemudian September 2007, Google diketahui sedang mengajukan hak   paten   di   bidang   telepon   selular.   Pada   5   November   2007   baru  Android   resmi   di   rilis dengan dibentuknya Open Handset Alliance (OHA) untuk pusat pengembangannya. Perangkat   pertama   yang   menjalankan   Android   adalah   smartphone  yang dikembangkan oleh HTC Dream  atau T-Mobile G1, yang secara resmi diluncurkan pada 23  September 2008. Penjualan perangkat ini di pasar AS dimulai pada bulan Oktober 2008.
Android merupakan sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Platform Android terdiri dari sistem operasi berbasis Linux, sebuah GUI (Graphic User Interface), sebuah web browser dan aplikasi end-user yang dapat di download.
Android adalah sistem operasi dengan open source, dan Google merilis kodenya di bawah Lisensi Apache. Kode dengan open source dan lisensi pada Android memungkinkan perangkat lunak untuk dimodifikasi secara bebas dan didistribusikan oleh para pembuat Hardware, operator nirkabel, dan Developer aplikasi. Selain itu, Android memiliki sejumlah besar komunitas Developer aplikasi (apps) yang memperluas fungsionalitas Hardware, umumnya ditulis dalam versi kustomisasi bahasa pemrograman Java.
Segera setelah itu beberapa produsen smartphone juga mengumumkan niat mereka untuk merilis perangkat berdasarkan platform Android. Google   Android   tidak   hanya   diatur   di   smartphone,   platform   ini   juga   cocok   untuk netbook.   Jadi  beberapa   produsen   netbook   seperti   Asus,   MSI,   Dell   dan   Acer   segera mengumumkan rilis perangkat berdasarkan platform mobile dari Google.

Saat ini OS Android telah sampai versi KitKat (4.4). (masih belum dirilis untuk public)  Berikut adalah sejarah perkembangan versi OS Android :
1.      Cupcake (1.5),
2.      Donut (1.6),
3.      Eclair (2,0-2,1),
4.      Froyo (2.2-2.2.3),
5.      Gingerbread (2,3-2,3 .7),
6.      Honeycomb (3.0-3.2.6),
7.      Ice Cream Sandwich (4.0-4.0.4),
8.      Jelly Bean (4,1-4,3),
9.      KitKat (4.4). (masih belum dirilis untuk public)
Android 1.0 beta
Android Beta, pertama kali di rilis tanggal 5, November, 2007, dan versi SDK (Software developer Kit) beta di rilis tanggal 12, November di tahun yang sama.
Android 1.0
Android 1.0, merupakan versi software Android komersial pertama, dirilis 23 September, 2008. Dan perangkat Android pertama yang menggunakan dan memperkenalkan Android 1.0 adalah ponsel HTC Dream (G1).
Android 1.1
Pada 9 Februari, 2009, Android 1.1 di luncurkan, awalnya hanya untuk T-Mobile G1. Versi ini guna memecahkan masalah (bug), merubah API dan menambahkan sejumlah fitur dibanding versi 1.0. Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.
Android 1.5 (CupCake)
Pada 30 April, 2009, Android 1.5 di rilis, dinamakan CupCake, berbasis Linux Kernel 2.6.27. Update ini membawa sejumlah fitur baru dan perubahan pada antarmuka (UI).
Berikut adalah fitur Android 1.5 (Cupcake) :
ü  Dukungan untuk aplikasi pihak ketiga keyboard virtual dengan prediksi teks dan kamus pengguna untuk kata-kata kustom
ü  Dukungan untuk aplikasi miniatur Widgets - views yang dapat tertanam dalam aplikasi lain (seperti Homescreen) dan menerima update.
ü  Dukungan Perekaman dan pemutaran video dalam format MPEG-4 dan 3GP
ü  Dukungan Auto-pairing dan dukungan stereo untuk Bluetooth (A2DP dan AVRCP )
ü  Pemberian Fitur copy dan paste di browser web
ü  Pengguna gambar ditampilkan Favorit di dalam Kontak
ü  Tanggal tertentu / waktu tertentu ditampilkan di event log panggilan, dan akses satu sentuhan ke kartu kontak dari event log panggilan
ü  Tersedia Transisi layar animasi
ü  Penambahan Opsi auto-rotasi
ü  Penambahan animasi booting bawaan baru
ü  Kemampuan untuk meng-upload video ke YouTube
ü  Kemampuan untuk meng-upload foto ke Picasa
Android 1.6 (Donut)
Pada 15 September, 2009 SDK Android 1.6 diberi nama Donut, dirilis, bebasis Linux Kernel 2.6.29. Di dalamnya terdapat sejumlah fitur baru. Dan menutupi kekurngan dari versi sebelumnya adalah Cupcake inii sejumlah Fitur yang ada apad versi Donut, Di antaranya adalah :
ü  Suara dan teks pencarian entri disempurnakan untuk menyertakan history bookmark, kontak, dan web
ü  Kemampuan untuk para pengembang untuk memasukkan konten mereka dalam hasil pencarian
ü  Multi-lingual pidato sintesis mesin untuk memungkinkan aplikasi Android untuk "berbicara" string teks
ü  Fitur pencarian lebih mudah dilakukan dan kemampuan untuk melihat screenshot aplikasi di Android Market
ü  Galeri, kamera dan camcorder lebih terintegrasi, dengan akses kamera yang lebih cepat
ü  Kemampuan bagi pengguna untuk memilih beberapa foto untuk dihapus
ü  Dukungan teknologi terbaru untuk CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, dan mesin text-to-speech
ü  Dukungan untuk resolusi layar WVGA
ü  Peningkatan kecepatan dalam pencarian dan aplikasi kamera
ü  Gesture Framework diperluas dan alat pengembangan GestureBuilder baru
Android 2.0 / 2.1 (Eclair)
Pada 26, Oktober, 2009, SDK Android 2.0 dengan nama kode Eclair dirilis, berbasis Linux Kernel 2.6.29. Dan Motorola Droid perangkat yang menggunakan Eclair saat itu. Perubahan yang dilakukan adalah :
ü  Sync Akun diperluas, yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan beberapa account untuk perangkat untuk sinkronisasi email dan kontak
ü  Dukungan email Microsoft Exchange, dengan gabungan inbox untuk menelusuri email dari beberapa akun dalam satu halaman
ü  Dukungan Bluetooth 2.1
ü  Kemampuan untuk tap foto Kontak dan pilih untuk melakukan panggilan, SMS, atau email untuk orang yang dituju
ü  Kemampuan untuk mencari semua SMS dan MMS yang disimpan, dengan menghapus pesan yang paling lama dalam percakapan otomatis dihapus ketika batas yang ditentukan tercapai
ü  Penambahan beberapa fitur kamera baru, termasuk dukungan flash, zoom digital, scene mode, white balance, efek warna dan fokus makro
ü  Peningkatan kecepatan mengetik pada keyboard virtual, dengan kamus yang lebih pintar yang dapat belajar dari penggunaan kata dan termasuk nama kontak sebagai saran
ü  Tampilan Browser UI yang lebih segar dengan thumbnail bookmark, double-tap zoom dan dukungan untuk HTML5
ü  Calender agenda viewyang disempurnakan, menunjukkan status kehadiran untuk setiap undangan, dan kemampuan untuk mengundang tamu baru ke acara
ü  Optimized kecepatan hardware dan Perubahan user interface
ü  Dukungan untuk ukuran layar dan resolusi yang lebih besar, dengan rasio kontras yang lebih baik
ü  Penyempurnaan Google Maps 3.1.2
ü  MotionEvent class ditingkatkan untuk melacak aktivitas multi-touch
o   Penambahan wallpaper hidup, memungkinkan Wallpaper Homescreen untuk melakukan animasi
Android 2.2.x (Froyo : Frozen Yoghurt)
Pada tanggal 20 bulan Mei, 20120, SDK Android 2.2 (Froyo) di rilis, berbasis Linux Kernel 2.6.32. Perubahan-perubahan umumnya atau Fitur –fitur yang di perbaruai sebagai berikut:
ü  Kecepatan, memori, dan kinerja lebih dioptimalkan
ü  Peningkatan kecepatan aplikasi tambahan, dilaksanakan melalui JIT Compilation
ü  Integrasi mesin JavaScript Chrome V8 ke dalam aplikasi Browser
ü  Dukungan untuk layanan Android Cloud to Device Message (C2DM), yang memungkinkan notifikasi push
ü  Peningkatan dukungan Microsoft Exchange, termasuk kebijakan keamanan, auto discovery, GAL look-up, sinkronisasi kalender dan remote wipe
ü  Peningkatan aplikasi launcher dengan shorcut ke Telepon dan aplikasi Browser
ü  Berfungsinya USB tethering dan hotspot Wi-Fi
ü  Pilihan untuk menonaktifkan akses data melalui jaringan seluler
ü  Pasar aplikasi diperbarui dengan batch dan fitur update otomatis
ü  Cepat beralih antara beberapa bahasa keyboard dan kamus mereka
ü  Panggilan melalui suara dan berbagi kontak melalui Bluetooth
ü  Dukungan untuk Bluetooth-enabled car dan desk docks
ü  Dukungan untuk password numerik dan alfanumerik
ü  Dukungan untuk file yang meng-upload bidang dalam aplikasi Browser
ü  Browser sekarang menunjukkan semua frame dari animasi GIF bukan hanya frame pertama hanya
ü  Dukungan untuk menginstal aplikasi ke memori yang dapat diupgrade
ü  Dukungan Adobe Flash
ü  Dukungan untuk HD PPI menampilkan (hingga 320 ppi), seperti layar 4 "720p
ü  Galeri memungkinkan pengguna untuk melihat tumpukan gambar menggunakan zoom gesture
Android 2.3.x (Gingerbread)
Pada tanggal 6, Desember, 2010, SDK Android 2.3 (Gingerbread) diluncurkan, berbasis Linux Kernel 2.6.35. Perubahan-perubahan umumnya atau Fitur –fitur yang di perbaruai sebagai berikut:
ü  Diperbarui desain antarmuka pengguna dengan peningkatan kesederhanaan dan kecepatan
ü  Dukungan untuk ukuran layar ekstra besar dan resolusi ( WXGA dan lebih tinggi)
ü  Dukungan asli untuk SIP VoIP telepon internet
ü  Masukan lebih cepat, lebih intuitif teks dalam keyboard virtual, dengan meningkatkan akurasi, teks yang lebih baik disarankan dan modus input suara
ü  Peningkatan fungsi copy / paste, yang memungkinkan pengguna untuk memilih sebuah kata dengan pers-terus, copy, dan paste
ü  Dukungan untuk Near Field Communication (NFC), yang memungkinkan pengguna untuk membaca tag NFC tertanam dalam poster, stiker, atau iklan
ü  Efek audio baru seperti reverb, ekualizer, virtualisasi headphone, dan bass boost
ü  Fitur baru Download Manager , memberikan pengguna akses mudah ke file apapun download dari browser, email, atau aplikasi lain
ü  Dukungan untuk beberapa kamera pada perangkat, termasuk kamera depan, jika tersedia
ü  Dukungan untuk WebM / VP8 pemutaran video, dan AAC audio encoding
ü  Peningkatan manajemen daya dengan peran yang lebih aktif dalam mengelola aplikasi yang menjaga perangkat terjaga terlalu lama
ü  Peningkatan dukungan untuk pengembangan kode asli
ü  Beralih dari YAFFS ke ext4 pada perangkat yang lebih baru
ü  Audio, grafis, dan masukan tambahan untuk pengembang game
ü  Bersamaan pengumpulan sampah untuk peningkatan kinerja
ü  Dukungan asli untuk sensor lebih (seperti giroskop dan barometer )
Android Honeycomb 3.x (Honeycomb)
Pada tanggal 22, Februari, 2011, SDK Android 3.0 (Honeycomb) yang merupakan versi Android pertama yang diperuntukan untuk perangkat tablet di luncurkan, berbasis Linux Kernel 2.6.36. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Dan perangkat tablet komputer pertama yang gunakan versi ini, ialah Motorola Xoom, yang dirilis pada 24, Februari, 2011.
Berikut ini adalah fitur-fitur atau perbaikan yang di perbarui dari versi sebelum, sebagai berikut:
ü  Pengoptimalisasi dukungan tablet dengan virtual yang baru dan user interface "hologram"
ü  Ditambahkan Sistem Bar, menampilkan akses cepat ke pemberitahuan, status, dan tombol navigasi, tersedia di bagian bawah layar
ü  Ditambahkan Action Bar, memberikan akses ke opsi kontekstual, navigasi, widget, atau jenis lain dari konten di bagian atas layar
ü  Penyederhanaan multitasking - menekan Recent Apps dalam Sistem Bar memungkinkan pengguna untuk melihat snapshot dari tugas berjalan dan cepat melompat dari satu aplikasi ke yang lain
ü  Redesigned Keyboard, membuat mengetik cepat, efisien dan akurat pada ukuran layar yang lebih besar
ü  Copy / paste interface yang lebih intuitif Modern
ü  Beberapa tab browser mengganti jendela peramban, ditambah bentuk auto-fill dan baru "penyamaran" mode memungkinkan browsing anonim
ü  Akses cepat ke eksposur kamera, fokus, flash, zoom, kamera menghadap ke depan, waktu selang, dan fitur kamera lainnya
ü  Kemampuan untuk melihat album dan koleksi lainnya dalam modus layar penuh dalam Galeri, dengan akses mudah ke thumbnail untuk foto lainnya
ü  New two-pane UI dan Cepat Kontak Gulir agar pengguna dengan mudah mengatur dan mencari kontak
ü  New two-pane Email UI untuk membuat melihat dan mengatur pesan lebih efisien, memungkinkan pengguna untuk memilih satu atau lebih pesan
ü  Dukungan untuk video chat menggunakan Google Talk
ü  Akselerasi hardware
ü  Dukungan untuk prosesor multi-core
ü  Kemampuan untuk mengenkripsi semua data pengguna
ü  HTTPS tumpukan ditingkatkan dengan Server Name Indication (SNI)
ü  Filesystem di Userspace (FUSE, modul kernel)

Android 4.0.x (Ice Cream Sandwich)
SDK untuk Android 4.0.1 atau Ice Cream Sandwich dirilis untuk publik pada 19, Oktober,2011 dan berbasis Linux Kernel 3.0.1. Gabe Cohen dari Google menegaskan bahwa Android 4.0 secara teoritis cocok dengan perangkat Android 2.3 keatas dalam produksi masa itu. Android ICS 4.0 membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC. Kode sumber untuk Android 4.0 tersedia secara publik pada 14 November, 2011.
Berikut ini adalah fitur-fitur atau perbaikan yang di perbarui dari versi sebelum, sebagai berikut:
ü  Tombol lunak dari Android 3.x sekarang tersedia untuk digunakan pada ponsel
ü  Pemisahan widget di tab baru, tercantum dalam cara yang mirip dengan aplikasi
ü  Mudah-untuk-membuat folder, dengan gaya drag-and-drop
ü  Sebuah launcher yang disesuaikan
ü  Peningkatan visual voicemail dengan kemampuan untuk mempercepat atau memperlambat pesan voicemail
ü  Fungsi pinch-to-zoom dalam kalender
ü  Screenshot yang terintegrasi (dicapai dengan menekan tombol Power dan Volume-Down)
ü  Peningkatan koreksi kesalahan pada keyboard
ü  Kemampuan untuk mengakses aplikasi langsung dari layar kunci
ü  Peningkatan fungsi copy dan paste
ü  Integrasi suara yang lebih baik dan berkesinambungan, real-time pidato dikte teks
ü  Face Unlock, yaitu fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuka handset menggunakan perangkat lunak pengenalan wajah
ü  New web browser tab di bawah merek Google Chrome, memungkinkan hingga 16 tab
ü  Otomatis sinkronisasi browser dengan pengguna 'bookmark Chrome
ü  Sebuah keluarga jenis huruf baru untuk UI, Roboto
ü  Bagian Penggunaan data dalam pengaturan yang memungkinkan pengguna mengatur peringatan ketika mereka mendekati batas penggunaan tertentu, dan menonaktifkan data yang digunakan ketika batas tersebut terlampaui
ü  Kemampuan untuk menutup aplikasi yang menggunakan data di background
ü  Peningkatan aplikasi kamera dengan zero shutter lag, pengaturan selang waktu, modus panorama, dan kemampuan untuk zoom saat merekam
ü  Built-in editor foto
ü  Tata letak galeri baru, yang diselenggarakan oleh location dan person
ü  Refresh "People" app dengan integrasi, update status jaringan sosial dan gambar hi-res
ü  Android Beam, sebuah komunikasi dekat lapangan fitur yang memungkinkan pertukaran jarak pendek cepat penanda web, info kontak, arah, video YouTube dan data lainnya
ü  Dukungan untuk WebP format gambar
ü  Akselerasi hardware dari UI
ü  Wi-Fi Direct
ü  1080p rekaman video untuk perangkat pabrikan Android
ü  Android VPN Framework (aVF), dan TUN (tapi tidak TAP) modul kernel. Sebelum 4.0, perangkat lunak VPN diperlukan berakar Android.
Android 4.1.x (Jelly Bean)
Android Jelly Bean yang diluncurkan pada acara Google I/O lalu membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru. Penambahan baru diantaranya meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat.
Berikut ini adalah fitur-fitur atau perbaikan yang di perbarui dari versi sebelum, sebagai berikut:
ü  ukungan Low Energy Bluetooth 
ü  Dukungan Audio / Video Remote Control Profile (AVRCP) 1.3 Bluetooth
ü  OpenGL ES 3.0 dukungan, memungkinkan untuk meningkatkan permainan grafis
ü  Mode akses terbatas untuk profil pengguna baru
ü  Peningkatan kinerja writing Filesistem dengan menjalankan perintah fstrim saat perangkat idle
ü  Dial pad auto-complete di app Telepon
ü  Perbaikan Photo Sphere
ü  Perombakan user interface kamera, yang sebelumnya diperkenalkan di edisi ponsel Google Play
ü  Ditambahkan aplikasi fine-gained (tersembunyi secara default)
ü  Dukungan resolusi 4k
ü  Banyak peningkatan keamanan, peningkatan kinerja, dan perbaikan bug
ü  Dukungan sistem-level untuk geofencing dan Wi-Fi scanning API
ü  Background Wi-Fi  location masih berjalan bahkan ketika Wi-Fi dimatikan
ü  Developer logging dan menganalisis perangkat
ü  Ditambahkan dukungan untuk lima bahasa lainnya
ü  Peningkatan Digital Right management (DRM) API
ü  Ibrani dan Arab dari kanan ke kiri (RTL) dukungan
ü  Jam di status bar hilang jika jam dipilih sebagai lockscreen widget


Android KitKat (4.4). (masih belum dirilis untuk public).

Mahdum

Apapun itu akan lebih Berarti dan Bermakna jika kita, Saling Berbagi. Semakin Kita Berbagi semakin Kita Mengerti.

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright @ 2013 Mahdum.